Home » » Cara Membersihkan Blog Yang Terinfeksi Malware

Cara Membersihkan Blog Yang Terinfeksi Malware

Written By Unknown on Wednesday, November 23, 2011 | 1:20:00 PM

Cara Membersihkan Blog Yang Terinfeksi Malware
Pada posting Cara Mengetahui dan Cek Blog yang Terinfeksi Malware disebutkan bahwa google memiliki tool khusus yang dapat kita pergunakan untuk mengecek suatu blog apakah terinfeksi malware atu tidak. Jika kita cek di tool ini ternyata hasilnya adalah positif sebaiknya kita lakukan langkah pembersihan blog dari infeksi malware agar semua yang mengakses blog kita bisa terlindungi dengan aman.


Kira – kira berikut cara membersihkan blog yang telah terinfeksi malware :

1. Cari yang terinfeksi malware

Pertama kita cari letak malware tersebut menyerang pada url blog yang mana. Bila kita telah mendaftarkan blog di Webmaster Tool Google maka kita bisa mengeceknya di tool ini. Silahkan mengunjungi Webmaster Tool Google untuk mengetahui lebih detailnya tentang hal ini.

Cara Mencari url yang terinfeksi malware :
- Pertama Login di Webmaster Tool Google

- Kemudian pilih menu Diagnostics
- Lalu klik link Malware. Pada halaman malware ini akan ditunjukkan url mana saja yang telah terinfeksi.

2. Menghapus Malware

Jika kita telah menemukan script yang terindikasi barbahaya bagi blog kita segeralah kita hapus script berbahaya tersebut agar blog aman bagi kita dan pengunjung. Bila kita memiliki salinan isi blog yang bersih di komputer, ada baiknya bila kita menghapus semua isi blog yang ada di hosting kemudian menguploadnya dengan yang baru. Cara ini lebih aman dari pada harus menghapus script malware dari dalam blog.

3. Bagi yang menggunakan Self Hosting

Bila blog kita merupakan blog self hosting, pastikan script dan perangkat lunak yang kita pergunakan sangat aman dan tidak terindikasi oleh malware dan sejenisnya. Ada baiknya bila kita mengganti semua password untuk akun hosting seperti password yang kita gunakan untuk mengakses FTP dan sebagainya. Sebaiknya kita periksa juga file .htaccess, amati apakah ada hal yang mencurigakan seperti adanya pengalihan akses yang sebelumnya tidak pernah kita rencanakan. Jangan lewatkan untuk selalu mengupdate antivirus di hosting blog kita.

Lebih lanjut kita bisa meminta bantuan pada penyedia hosting untuk membersihkan blog dari malware ini.

4. Menghapus Url yang terinfeksi malware dari index Google

Di Webmaster Tool kita bisa meminta agar url yang telah terinfeksi malware tidak di index google agar pengguna search tidak diarahkan pada bagian blog kita yang berbahaya.  di Google Webmaster Tool, langkah – langkah penghapusannya sama yaitu dari nomor 4 sampai 8. Jangan lupa di langkah nomor 7 pilih Remove page from search results and cache.


Di rasa masih banyak cara ampuh lainnya yang bisa kita lakukan untuk membersihkan blog kalau – kalau terserang malware. Karena keterbatasan penulis, hanya ulasan di atas yang bisa disampaikan. Bila ada imbuhan ataupun sharing tentang hal ini silahkan sahabat blogger sharing dalam komentar. Sangat ditunggu partisipasi kalian..
Semoga ulasan yang membahas tentang Cara Membersihkan Blog yang Terinfeksi Malware bisa bermanfaat...



Share this article :

Post a Comment

Yang Sudah baca Artikel Ini, Wajib koment Ya..!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Di Modifikasi Ulang Oleh : Beben Iskandar | Motekar Karya
Copyright © 2011. Belajar Komputer Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger