Home » » Proyek Hutan Di Gurun Sahara

Proyek Hutan Di Gurun Sahara

Written By Unknown on Wednesday, November 23, 2011 | 4:56:00 PM



Dapatkah anda membayangkan sebuah gurun dapat menyediakan cukup air untuk menanam tanaman hijau disana? Atau pernahkah terlintas dipikiran anda jumlah yang cukup memanfaatkan tenaga surya untuk memasok listrik ke kota-kota di Afrika dan kota-kota di Eropa? Apakah anda pernah membayangkan memproduksi bahan bakar bio yang tidak berkelanjutan berdampak pada pasokan pangan dunia?


Sebuah proposal Proyek Hutan Sahara (Sahara Forest Project) yang merupakan solusi berkesinambungan yang sangat luar biasa yang akan menyulap padang gurun Sahara menjadi sumber makanan, air dan energi. Ini diprakarsai oleh tiga orang yaitu arsitek biomimikri Michael Pawlyn, desainer rumah kaca air laut Charlie Paton, dan insinyur struktur Bill Watts, pada tahun 2009. Mereka bergabung dengan Bellona, sebuah NGO lingkungan internasional yang mempresentasikan proposal mereka pada Desember 2009.

Proyek Hutan Sahara(Sahara Forest Project) adalah penggabungan dua teknologi inovatif, Konsentrat Tenaga Surya (CSP) dan Rumah Kaca air laut(Seawater Greenhouse), untuk menghasilkan energi terbaru, air dan makanan di daerah padang pasir yang dikenal sebagai salah satu tempat terpanas di bumi.

Apa yang dilakukan rumah kaca air laut(Seawater Greenhouse)?Rumah Kaca Air Laut dirancang untuk mengatasi masalah pengairan tanaman di daerah pantai kering oleh penguapan dan kondensasi air laut menjadi air tawar. Sistem ini bekerja dengan meniru siklus hidrologi alam di mana air laut dipanaskan oleh matahari, menguap, mendingin membentuk awan dan kembali ke bumi sebagai hujan, kabut atau embun.



Apa yang Konsentrat Tenaga Surya (CSP) lakukan?
CSP saat ini dilihat sebagai salah satu cara paling menarik dan kuat untuk memanfaatkan energi matahari untuk menciptakan listrik. Seperti Rumah Kaca air laut, CSP bekerja dengan baik di daerah kering panas di mana matahari berada paling kuat. Sinar matahari, yang dikumpulkan melalui cermin memantulkan, yang digunakan untuk memanaskan air yang kemudian menghasilkan uap untuk menggerakkan turbin. Contoh saat ini bekerja di Nevada Surya 1 dekat Las Vegas, dan menara surya di Barstow California.


Bagaimana kerja Sahara Proyek Hutan?
CSP dan teknologi rumah kaca air laut akan bekerja sama di lokasi yang agak jauh dari pantai utara Afrika, mudah-mudahan pada suatu titik di bawah permukaan laut yang akan mengurangi atau berpotensi menghilangkan biaya memompa air laut. Skema ini telah dirancang sebagai 'nilai lindung' rumah kaca sebagai penahan angin dan menyediakan tempat penampungan untuk penanaman di luar ruangan. Rumah-rumah kaca menghasilkan lima kali air yang lebih segar dari yang dibutuhkan dalam tanaman. Surplus ini akan digunakan untuk mengairi kebun dan tanaman Jatrophra(tanaman jarak), yang dapat diubah menjadi bio-bahan bakar untuk transportasi dan kebutuhan lainnya.

Dalam kesimpulan Sahara Proyek Hutan bekerja pada berbagai tingkatan. Dengan menggabungkan manfaat Konsentrat Tenaga Surya dan Rumah Kaca air laut tim desain telah sangat meningkatkan output positif dari energi terbaru, produksi pangan dan pasokan air segar. Selanjutnya mereka memberitahu kita bahwa skema itu juga akan memiliki efek restoratif untuk mengembalikan area padang gurun untuk lahan hutan. Tentunya ini adalah contoh sempurna dari potensi sumber daya manusia dan kolaborasi teknologi.
Ilustrasi rumah kaca memiliki efek yang sama pada iklim sebagai wilayah hutan, namun memberikan masukan uap air bersih dari air laut.

Share this article :

Post a Comment

Yang Sudah baca Artikel Ini, Wajib koment Ya..!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Di Modifikasi Ulang Oleh : Beben Iskandar | Motekar Karya
Copyright © 2011. Belajar Komputer Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger