Home » » Membuat Icon USB Sendiri

Membuat Icon USB Sendiri

Written By Unknown on Monday, January 30, 2012 | 9:20:00 PM

Pada saat kita mencolokkan FD ke komputer biasanya akan memunculkan icon standart untuknya. Lalu pernahkah anda terpikir untuk menggantiicon-nya ? Lho kalaau cuma ganti icon kan sudah biasa, eit’s……tunggu dulu memang kalau cuma ganti icon-nya semua orang juga bisa, tapi bagaimana kalau icon-nya itu buatan anda  sendiri? bagaimana kalau wajah anda yang menjadi icon-nya? penasaran??? Untuk melakukan hal tersebut anda harus membuat iconnya terlebih dahuku, dan untuk membuat image dengan format file.ico anda membutuhkan program khusus, nama program nya yaitu icofx. Program ini gratis alias freeware dan dapat bekerja pada Windows XP, Vista, Windows 7, juga Macintosh. Langkah
cara membuat Icon :
1. Install iconfx ke komputer anda.
2. Pilih foto terganteng, tercantik ternarsis anda yang akan dijadikan icon.
3. Buka program photo editor (disini sy pakai Photoshop) kemudian buka file foto anda, jika sudah ubah ukuran foto anda menjadi 48x48 pixel.
1
Iconfx 48x48 pixel True color + Alpha channel (32 bits)
4. Simpan foto anda dengan format JPEG atau BMP.
3
5. Buka program iconfx, buka menu file » Import Image pada jendela open yang muncul, cari file gambar yang telah anda ubah menjadi 48x48 pixel tadi. Jika sudah ketemu , klik open akan muncul popup new image. Pada box color beri tanda (checklist) pada pilihan True color + Alpha Channel (32 bits) dan pada box size  tandai pilihan 48x48 pixel. Jika sudah anda sekarang akan memasuki jendela kerja Icofx.
2
 
Jendela Iconfx 48x48 pixel
6. Jika anda masih ingin meng-editnya dalam jendela kerja Iconfx, anda dapat menambahkan text, memberikan effect, merotasi gambar, dan lainnya (silahkan dipelajari sendiri).
7. jika anda merasa sudah puas meng-editnya klik menu File » Save As. Pada tab save in tentukan directory dimana anda akan menyimpan filenya sebagai contoh kita simpan saja di C:/ kemudian beri nama Icon 1 kemudian klik save.
8. Sekarang anda sudah memiliki icon buatan anda sendiri. Langkah selanjutnya adalah membuat file autorun agar icon anda dapat ditampilkan sewaktu anda mencolokkan USB stck ke komputer.
9. Buka program NotePad kemudian ketikkan perintah berikut :
[AutoRun]
icon= icon 1.ico
Kata yang bergaris miring adalah nama file icon anda yang akan digunakan, dalam contoh ini kita beri nama icon 1, jika nama file icon anda berbeda silahkan disesuaikan, misal anda beri nama file icon anda gambar 2 maka yang harus anda ketikkan adalah :
[AutoRun]
icon= gambar 2.ico

10. Jika sudah klik menu File » Save AS pada grogram NotePad dan beri nama file autorun.inf (nama filenya 
 harus autorun.inf jangan di ganti-ganti) kemudian pada Tab Save As Type klik menu pulldown yang ada disana kemudian pilih All files.
11. Simpan di tempat anda menyimpan file iconnya tadi dalam contoh  ini di C:/ klik save jika sudah.
12. Copy file autorun.inf dan file icon.ico kedalam USB stick anda dan kemudian cabut USB stick dari  komputer kemudian colok kembali dan lihat hasilnya.
Untitled  12  Untitled
    Sebelum               Contoh 1                     Contoh 2



Baca Juga Artikel Berikut:

  1. AIM-MP3 Player
  2. Aplkasi Penghitung Waktu kematian - New !!
  3. Cara Membuat Kabel USB Extender 10 Meter
  4. Cara Menyimpan / Menyembunyikan File Didalam Gambar JPG - New !!
  5. Cara Mudah Memasang/Membuat TV Online/Live Streaming Pada Blog - New !!



Cetak Halaman Ini Cetak Halaman Ini
Share this article :

Post a Comment

Yang Sudah baca Artikel Ini, Wajib koment Ya..!!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Di Modifikasi Ulang Oleh : Beben Iskandar | Motekar Karya
Copyright © 2011. Belajar Komputer Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger